Selasa, 29 September 2015

Direktur PIMPIN Bandung Bahas The Worldview of Islam


Sumber gambar: stevecha.net

Selasa (17/03), Indonesia Tanpa JIL (ITJ) kembali mengadakan kelas Sekolah Pemikiran Islam (SPI ITJ) pertemuan kedua. Kali ini, SPI ITJ mengundang Wendi Zarman, Direktur Institut Pemikiran Islam dan Pembinaan Insan (PIMPIN) Bandung sebagai pemateri.
Wendi memberikan kuliah bertemakan The Worldview of Islam atau Pandangan Alam Islam (PAI). “Pandangan Alam Islam adalah pandangan Islam tentang realitas kebenaran (ru’yatul Islam lil wujud) yang muncul sebelum mata pikiran kita mengungkapkan apa hakikat wujud sebenarnya,” ujar Wendi mengutip pernyataan dari Prof. Syed Muhammad Naquib (SMN) Al-Attas dari buku Islam and Secularism.

Menurut Wendi, PAI ini berbeda dengan cara pandang Barat yang cenderung meniadakan eksistensi Tuhan dan agama. Dalam PAI, tidak ada dikotomi antara sains dengan agama. Kedua hal ini malah menyatu dan saling menguatkan. Ketika konsep PAI ini digunakan, akan muncul keyakinan bahwa apa-apa yang diinsyaratkan oleh agama adalah suatu kebenaran, meskipun masih terdapat hal-hal yang belum ditemukan bukti pembenarannya. Berbeda dengan sains yang diperkenalkan Barat yang memandang jika belum ada pembuktian lewat sesuatu yang riil, maka itu bukan suatu yang bisa diyakini kebenarannya.
Materi tentang PAI yang disampaikan Wendi ini kerap dibahas oleh PIMPIN Bandung. Bahkan, PIMPIN Bandung mengadakan Kuliah Filsafat dan PAI yang baru saja dilakukan penutupannya untuk angkatan ke-3, Sabtu (14/03) lalu. Tujuannya, membangkitkan kembali para ilmuan muslim yang tangguh dan siap menghadapi tantangan zaman melalui gerakan keilmuan yang berlandaskan Islam.

Penulis: Eko Apriansyah a.k.a. Yansa El-Qarni
*Tulisan ini merupakan tugas kuliah Sekolah Pemikiran Islam ITJ Angkatan 1

1 komentar:

terimakasih banyak, sangat menarik sekali

Posting Komentar